contoh TRIK BARU CARA PENYETELAN MOTOR

CONTOH GAMBAR MODIF MOTOR HONDA DAN MOTOR METIC:

mungkin anda sudah melihat motor ini, inilah hasil modifikasi dari saya dan rekan – rekan .

modif terbaru

Teknik Menyetel Karburator Motor

Teknik Menyetel langsam

Banyak pemakai motor suka mengotak-atik stelan langsam motornya, dengan alasan langsamnya kegedean, akhirnya dikecilin sampai sekecil mungkin. Eit… hati-hati… cara begitu tidak dianjurkan oleh pihak pabrikan, Tanya Ken-apa?

Karena mesin butuh pelumasan yang bagus, nah… pelumasan ini bekerja dengan baik berdasarkan tekanan dari putaran pompa oli dari mesin bagian bawah ke mesin bagian atas, kalo pada saat langsam RPM mesin dibawah ketentuan pabrikan, maka akan berdampak tidak baik pada motor ente! karena system pelumasan kurang sempurna ujung-ujungnya usia mesin jadi ngga seperti seharusnya…. Begitu bro…
Nah disini saya akan bahas sedikit mengenai cara menyetel langsam motor yang bener.
Pertama, kita harus tahu berapa ukuran RPM standart tipe motor yang akan di stel, misalnya tipe Tiger Revolution.
Besarnya putaran mesin langsam tipe motor ini adalah  1300 – 1500RPM
Nih caranya:

  1. Putar penyetel langsam yang ada dikarburator pada sebelah kiri motor hingga putaran mesin menengah atau kira-kira 2000-2500RPMslide1.jpg
  2. Langkah berikutnya menyetel skrup udara yang ada di bagian bawah pada karburator dengan menggunakan alat Obeng (-) kecil
    stel_angin.jpg
  3. Besarnya stelan angin untuk tipe motor Tiger ini adalah kurang lebih antara 2 – 2,5 putaran. (putar kekanan mentok dan kembalikan kekiri hingga 2 – 2,5 putaran (sampe ketemu putaran mesin yang paling stabil).
  4. Kemudian kecilkan RPM dengan memutar baut penyetel langsam kekiri hingga ditemukan 1200 – 1300RPM, dengan melihat jarum penunjuk pada Tachometer. seperti pada gbr dibawah ini…

slide2.jpg
Kendala yang dihadapi saat menyetel langsam :

  1. Mesin tersendat-sendat (tidak bisa stabil)
    1. Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
    2. Ukuran Main jet dan slow jet tidak berubah ( sesuai dengan standar ) apabila tidak sesuai, maka bisa susah langsam, karena campuran BB tidak tepat
    3. Periksa apakah ada kebocoran udara pada karburator dan intake manifold
  2. Putaran mesin turun terlalu lama (nge-gerung)
    1. Periksa kemungkinan baut karburator masih kendor, sehingga ada kebocoran udara
    2. Periksa kedudukan jarum skep & skep sudah tepat dan tidak macet/seret pada saat balik
    3. Periksa per skep mungkin sudah lemah
    4. Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
    5. Periksa, kemungkinan BB bercampur dengan air
  3. Knalpot nembak-nembak setelah gas ditarik
    1. Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
    2. Periksa tidak ada kerusakan pada seal(karet) pada stelan angin, dengan membuka dan melepas skrup stelan angin dari karburator.
    3. Periksa dan pastikan bahwa skrup stelan angin tidak cacat (ujung yang lancip pada stelan angin tidak patah)

Demikian, silahkan coba prosedur diatas, apabila mengalami kesulitan silahkan layangkan komentar ke kami, dan apabila ada yang ingin menambahkan silahkan tuliskan untuk kami.
Ini buat anda yg masih bingung, kami buatkan gambar sederhananya.

Teknik Menyetel langsam

Banyak pemakai motor suka mengotak-atik stelan langsam motornya, dengan alasan langsamnya kegedean, akhirnya dikecilin sampai sekecil mungkin. Eit… hati-hati… cara begitu tidak dianjurkan oleh pihak pabrikan, Tanya Ken-apa?

Karena mesin butuh pelumasan yang bagus, nah… pelumasan ini bekerja dengan baik berdasarkan tekanan dari putaran pompa oli dari mesin bagian bawah ke mesin bagian atas, kalo pada saat langsam RPM mesin dibawah ketentuan pabrikan, maka akan berdampak tidak baik pada motor ente! karena system pelumasan kurang sempurna ujung-ujungnya usia mesin jadi ngga seperti seharusnya…. Begitu bro…

Nah disini saya akan bahas sedikit mengenai cara menyetel langsam motor yang bener.

Pertama, kita harus tahu berapa ukuran RPM standart tipe motor yang akan di stel, misalnya tipe Tiger Revolution.

Besarnya putaran mesin langsam tipe motor ini adalah 1300 – 1500RPM

Nih caranya:

Putar penyetel langsam yang ada dikarburator pada sebelah kiri motor hingga putaran mesin menengah atau kira-kira 2000-2500RPM

Langkah berikutnya menyetel skrup udara yang ada di bagian bawah pada karburator dengan menggunakan alat Obeng (-) kecil

Besarnya stelan angin untuk tipe motor Tiger ini adalah kurang lebih antara 2 – 2,5 putaran. (putar kekanan mentok dan kembalikan kekiri hingga 2 – 2,5 putaran (sampe ketemu putaran mesin yang paling stabil).

CARA PNYETELAN KLEP PENGAPIAN

Waktu pengapian harus distel dengan tepat.Dalam artian tidak terlalu cepat atau tidak pula terlalu lambat.Dengan setelan waktu pengapian yang tepat,dapat menghasilkan performa mesin yang prima agar mesin dapat bekerja efisien terutama pada mobil bermesin bensin.waktu pengapian harus distel dengan tepat,jangan telalu cepat dan jangan pula terlalu lambat,sehingga efisiensi mesin tetap terjaga.penyetalan waktu pengapian dapat dilakukan dengan sebuah alat yang bernama timming light.
Adapun langkah-langkahnya yang dapat dilakukan yaitu :

1.Hidupkan mesin hingga jarum penunjuk,panas melebihi pertengahan lalu dimatikan.

2.Gunakan timming light dengan cara menghubungkan kabel-kabel timming light kesemua terminal (ke kepala aki tanda + dan tanda – ,busi silinder nomor 1,dan arus pada koil)

3.Sorot lampu stroboscope dari timming light ke tanda waktu (20-10-0) pada tutup roda gigi guna melihat apakah alur V dengan tanda (sudut) saat pengapian.

4.Apabila mesin motor kotor,tanda waktu tersebut sering tidak terlihat,untuk itu sebelumnya matikan mesin dan bersihkan bagian yang terdapat tanda waktu sampai bersih.

5.Apabila alur pada puli poros engkol tidak pertepatan dengan tanda waktu saat pengapiaan seperti spesifikasi,kendorkan baut klem distributor sehingga rumah distributor dapat diputar ke kiri dan ke kanan.

6.Pada waktu saat pengapian disorot dengan timming light putarlah rumah distributor dikit demi sedikit akan meluruskan alur “ V” pada puli poros engkol dengan tanda waktu pengapian yang sesuai spesifikasi motor anda.pada tahap ini,jangan menyetel pengapian dengan alat pemutar oktan (oktan selector).

Kencangkan kembali baut klem distributor dan cek kembali saat kembali.

Tips menyetel kopling di Supra X 125

Image

Sediakan peralatan sbb:

Image

  1. Obeng (-) sedang
  2. Kunci Ring 14-17

Langkah penyetelan :

1. Kendorkan Mur pengunci baut stelan kopling dengan kunci ring 14 ke arah kiri hingga kendor.
Image

2. Putar baut penyetel kearah kanan (searah jarum jam) hingga terasa ada sentuhan, lalu putar kembali kearah kiri hingga mentok (terasa ada sentuhan) dan berhenti.
Image

3. Putar kembali baut penyetel kearah kanan sebanyak 1/4 – 1/8 putaran.
Image

4. Kencangkan Mur pengunci kearah kanan hingga baut penyetel terkunci.
Image

Periksa hasil penyetelan dengan cara

  • Hidupkan mesin,
  • Masukkan persnelling pada gigi 1 dan tahan pedal persnelling
  • Putar gas hingga seperempat putaran atau kurang lebih 1000-2000RPM
  • Perhatikan roda belakang, apabila diam atau bebas, artinya penyetelan berhasil, apabila terus berputar, berarti penyetelan belum tepat, maka harus diulang langkah diatas.

Tips menyetel klep Supra X 125

Ada kalanya Anda mecoba sendiri melakukan penyetelan klep pada motor Anda, tapi perlu diingat, bahwa setelan klep yang benar atau salah akan mempengaruhi terhadap performa mesin Sepeda Motor.

Berikut ini saya tulis secara ringkas cara cara yang tepat menyetel klep pada Sepeda Motor Honda.
1. Persiapkan alat-alat antara lain;

1) Obeng (-) besar
2) Kunci T 17 (untuk motor Supra X 125/Kharisma)
3) Ring 8-9 (untuk motor tipe bebek)
4) Ring 24 (untuk motor tipe bebek)
5) Fuller gauge 1set
6) Valve Adjusting wrech (kunci klep)

2. Buka kedua tutup klep (In dan Ex) dengan menggunakan kunci Ring 17(tipe bebek).

3. Awalnya posisikan agar kondisi valve bebas atau posisi piston pada Titik Mati Atas (TMA), dengan cara buka tutup magnet pada blok mesin kiri dengan menggunakan Obeng (-) besar (ada 2 buah ), pergunakan kunci Ring 17 untuk memutar poros engkol berlawanan dengan jarum jam.

4. Sambil memutar poros engkol, perhatikan pada saat valve In bergerak, lihat pada lubang kecil di blok magnet, posisikan tanda T pada garis lurus di lubang kecil blok magnet.

5. Kemudian pegang dan gerak-gerakkan kedua klep untuk memastikan keduanya sudah dalam posisi bebas.

6. Jika langkah diatas sudah benar, maka lakukan penyetelan valve dengan ukuran untuk tiap-tiap motor sbb;

Tipe Bebek (Supra X 125, Kharisma, Kirana) ukuran celah klep = 0,03mm (±0,01mm)
Cara penyetelannya adalah, kendorkan mur pengikat tappet adjuster (baut stelan klep) dengan menggunakan Ring 8-9 / 10-11

7. Lalu letakkan Fuller gauge sesuai ukuran celah klep kedalam ujung batang klep, putar tappet adjuster(baut stelan klep) sampai terasa apabila fuller gauge di tarik terasa seret dan apabila didorong tidak bisa.

8. Kemudian keraskan lagi mur stelan klep dan cek ulang hasil stelan klep tadi, sampai hasilnya tepat, (bila fuller gauge terasa ditarik seret dan di dorong tidak bisa)

9. Tutup kembali semua komponen yang tadi dibuka kemudian rasakan hasilnya. MANTAP!

TIPS BIKIN BLOK MOTOR MENJADI KINCLONG

Blok mesin motor kesayangan kita, kalo udah lama keliatan kusam, kotor bahkan keliatan bekas belepotan oli. Cara ngebersihinnya gampang kok ……… sambil tengok kiri-kanan (takut
ketahuan sama tukang salon motor).

Beli aja “ OXAL ZUUR ” di toko material.

1. Campur oxal zuur pake air sedikit.
2. Kemudian oleskan pake kuas ke bidang yang kotor.
3. Hati-2 jangan sampai terkena cat ataupun luka di badan.
4. Biarkan ± 30 menit.
5. Netralkan pengaruh kimianya dengan campuran sabun + minyak tanah (pake kuas juga).
6. Kemudian cuci dengan air sabun dan bilas sampai bersih.
7. Untuk amannya, hindarkan dari parts kelistrikan.

Manfaat lain dari oxal zuur ini, bisa dipakai mbersihin stainless steel
(bak cucian piring) maupun membersihkan keramik.

“OXAL ZUUR”… (warnanya bening seperti air aki)

keuntungannya :
1. proses pertama kali cairan menyentuh mesin adalah berbusa (proses kimia) dan hasil akhirnya..warna mesin menjadi putih bersih (cairan tersebut bisa mengangkat kotoran mengendap)

2. kalo kita coba pada segitiga food step, warna stenlis menjadi putih buram (tidak mengkilap)…ngakalinnya, dilanjutkan dengan digosok pake BRASSO…bisa mengkilat

3. bisa membersihkan baut2…warna kembali putih bersih (seperti baut baru)

kerugiannya:
1. kalo cairan tsb kena tutup mesin / tutup ger kiri kanan, warna akan luntur (karena melunturkan cat)
2. bisa menghancurkan packing /karet (karet menjadi rentas)
3. untuk baut…mudah berkarat

diusahakan pemakaian sekali dalam 6 bulan,…jangan sampe kena tangan karena menyebabkan gatal

Kalo oxal zuur itu asam, berarti harus ati2, karena logam kalo kena asam bakal rontok juga. kalo liat caranya harus dibilas pake sabun ,itu mungkin supaya bikin netral kali ye asamnye (PH nye jadi 7 gitu) setelah process.
Asam pasti bikin kabur semua kotoran, wong logam aja bisa rontok kok.
Ini sebagai suggestion aja brosolusi alternatif

pake batu ijo (rendem di minyak tanah) kayaknya lebih aman, atau beli engine degreaser seharga 30 – 40 ribu di Makro

Udah sering denger memang pake batu ijo. Yang sulit, nyari batu ijo-nya itu dimana Bro? Gw nyari di seputeran Bekasi kagak ada yang ngerti.”Batu ijo”? Apaan tuh?” Begitu bro! Gw udah nyoba nyari di toko material, di toko bahan kimia, kagak ada juga bro. Ada yang tau dimana kita bisa dapetin ntu butuh

kalo mau beli di toko material di jakarta banyak, tapi masih berbentuk balok jadi belum diserut(bubuk) tapi jangan bilang batu ijo…….entar disangka batu apaan lagi….he…he,
bilang aja LANGSOL sekale lagee LANGSOL, satu batang segede batu bata bisa buat beberapa motor tuh
nah di tukang bikin knalpot juga biasanya sedia nich LANGSOL buat bikin mengkilap sambungan2 las stainless steel-nya digosok pakai alat gosok listrik
Langsol harganya 15ribuan per biji. Ukurannya persis seperti sabun wings batangan, bentuk dan warnanya juga

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.