MACAM -MACAM MOTOR

MEREK – MEREK MOTOR:

  1. HONDA
  2. YAMAHA
  3. SUZUKI
  4. KAWASAKI
  5. MOCIN
  6. LONCIN
  7. VIAR
  8. TAJIMA
  9. BEJING
  10. KTM

mungkin anda belum mengenal saya, tapi saya sudah mengenal anda,perkenal kan:

nama             : david harian doko

alamat          : pasar baru kedondong (pesawaran)

nama club  : BURIS ( bujang teroris)

itulah perkenalan dari saya.

saya akan merperjelaskan bagaimana cara anda untuk merawat motor secara benar dan modif motor secara positif.  pertama saya akan menjelas kan bagai mana cara nerawat motor secara benar perhatikan secara benar:

Kalau motor sudah mulai rewel, paling nyebelin! apalagi bagi yang mau kuliah, kerja, sekolah naik motor. Jangan buru-buru menyalahkan motor Anda, bisa jadi anda yang kurang merawat motor.  tips merawat motor berikut!

Cek Kondisi Oli :

Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin, seperti stang seher, seher, dan ring seher, kruk as dan noken as atau stang klep. Jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara berkala dan gunakan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Cek Kondisi Aki:

Jangan biarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Tambahkan aki pada pagi hari.

Jangan biarkan baterai atau accu yang sudah mulai melemah, segeralah menggantinya, bukan hal baik jika anda tetap memaksa menggunakannya. Jika tetap dipaksakan kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih) yang akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya.

Jika memang motor anda mengalami hal tersebut, arus listrik yang dihantarkan baterai atau accu tidak sempurna akan menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter dan distarter, jangan memaksa mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya sebab hanya akan merusak gigi transmisi.

Periksa Rantai dan Gir:

Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalo lagi ngebut tiba-tiba putus rantai?

Periksa Kabel Koil dan Busi:

Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Cepat ganti kabel yang kelihatannya sudah cukup umur dan banyak terlihat keretakan dan pengerasan pada kabel. Jangan lupa perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.

Perhatikan Selang Bensin:

Selang bensin ke karburator juga merupakanm komponen yang layak diperhatikan. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastis dan mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator. Pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.

Panaskan Mesin paling lama 2 Menit:

Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-lama cukup 1-2 menit agar sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu Anda pasti tak mau buang-buang bensin khan?.

Periksa tekanan angin ban:

Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak.

Gunakan Selalu Sparepart Asli punya:

Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang.

So tidak sulit bukan, asal anda rajin merawat motor dengan benar pasti motor kesayangan Anda senatiasa tampil prima.

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN MOTOR METIC

Yamaha Mio, Honda Vario, dan Suzuki Spin, sekilas memang memiliki teknologi yang sama. Tapi, apakah kita akan mengambil salah satunya tanpa pertimbangan. Ada baiknya kita cermati ulasan perbandingan antara ketiganya berikut ini :

1. Yamaha Mio

Yamaha Mio Bisa dibilang Mio merupakan bintangnya motor matik di Indonesia. Bagaimana tidak sejak peluncurannya hingga saat ini, penjualan Mio mampu mendongkrak share penjualan Yamaha. Kehadirannya bahkan membuat sang kakak alias Nouvo menjadi kalah populer. Lucunya, meski diperuntukkan untuk kaum hawa, Mio terbukti laris manis dibeli para pejantan tangguh. Kalau mau jujur, Mio berhasil mengedukasi pasar dan membenamkan image bahwa motor matik oke-oke saja digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Kalaupun ada yang kurang dari sosok Mio adalah faktor tangki bahan bakar yang imut, sehingga membuatnya harus sering mampir ke pompa bensin. Kapasitas tangki Mio menurut buku manual ”cuma” 3,7 liter — sama dengan bebek Honda. Masalahnya, motor matik cenderung boros karena membutuhkan putaran mesin yang cukup tinggi agar motor bisa bergerak — lebih tinggi dari motor bebek dan motor sport. Selain itu, penyakit bawaan Mio adalah bunyi tikus di sektor roda belakang.

Dari sisi mesin, Mio tidak menyodorkan sesuatu yang baru. Mio dikemas Yamaha dengan harga yang relatif terjangkau — masih di bawah bebek. Dilempar dengan dua varian pada umumnya: spoke wheel dan CW. Berhubung Mio memang si pelopor, wajar bila aksesori dan spare parts-nya bejibun di pasaran. Termasuk racing parts dan pola modifikasi yang bisa diterapkan konsumen pada Mio kesayangannya. Apalagi Yamaha pun membuka kontes modifikasi yang bikin Mio tambah banyak variasi modifikasinya. Dari sisi bengkel, mekanik Yamaha sudah duluan mengenal teknologi CVT sehingga tak perlu khawatir motor ini tidak bisa ”diurus” oleh bengkel.

2. Honda Vario

Honda VarioYang satu ini sangat-sangat diwaspadai oleh Yamaha. Maklum, Vario memiliki segalanya untuk meluluhlantakkan dominasi Mio di pasar. Mengusung mesin tipe baru dengan radiator, namun memiliki cc yang lebih kecil di bawah Mio (108 cc). Dengan segala fitur baru yang ditawarkan plus nama besar Honda, pesona produk matik keluaran Honda ini membuatnya ngetop bahkan sebelum motor ini nampak wujudnya di Tanah Air. “Rasa Mio” sangat kental di Honda Vario ini, tetapi ada beberapa tambahan yang merupakan ciri khas Honda disertakan dalam produk matiknya yang pertama di Indonesia ini.

Dari sisi mesin, calon pembeli mesti waspada. Kendati nama besar, jaringan servis Honda tidak perlu diragukan, banyak pengalaman yang tidak mengenakkan setiap kali pabrikan me-launching motor dengan teknologi mesin baru. Ingat kasus MX? Ingat kasus Karisma? Di mana Honda merombak teknologinya dengan meluncurkan Karisma, seketika itu juga komplain bermunculan. Plus satu lagi, teknologi pendingin menggunakanradiator. Terima kasih kepada Yamaha yang sudah membuat konsumen panas-dingin dengan kasus tercampurnya oli dengan air radiator di MX. Waspada.

Diprediksikan nama besar Honda mampu melenyapkan image bahwa motor matik boros bahan bakar. Apalagi dengan cc mesin yang lebih kecil dari Mio, tampaknya Honda memang mengejar irit. Sayangnya, irit tidak lagi irit bila mengingat Honda Vario mengusung mesin baru denganradiator. Penambahan fitur radiator memang hi-tech, tetapi sekaligus membuat ongkos perawatannya pun bertambah. Belum lagi, Honda terkenal dengan banyak kasus kelangkaan spareparts di pasar (NSR, Tiger, Karisma, Sonic). Hal yang kerap membuat konsumen frustrasi.

Dari sisi kesiapan mekanik, memang tidak perlu ragu. Dengan segala sumber daya yang dimiliki Honda, sanggup membuat mekanik di seluruh jaringan servisnya bisa menangani motor matik. Harga jual Honda memang tidak murah dan paling tinggi di antara pabrikan Jepang lainnya. Vario harganya hampir setara dengan motor bebek. Hal ini tentu bisa menjadi faktor penghambat penjualan Vario nantinya karena dianggap terlalu mahal. Pun begitu, nama besar Honda lagi-lagi sanggup menghipnotis konsumen sehingga label harga berapa pun asal ada logo sayap kepak, tentu bukan masalah.

3. Suzuki Spin

Suzuki Spin, standar, belum modifikasiDibanding kedua kompetitornya, keunggulan Spin cuma satu, kapasitas paling besar 125 cc. Lainnya tergolong biasa saja. Bentuknya juga lebih condong ke Mio. Dengan kapasitas 110 cc saja matik sudah terasa boros bila dibanding bebek, bagaimana bila 125 cc? Ini bisa jadi kelemahan sekaligus keuntungan Spin. Penggila kecepatan, tentu akan memilih Spin yang memiliki kapasitas terbesar.

Poin plus ada di masa servis yang ditawarkan Suzuki, tiga tahun free service dan ganti oli. Ini sangat menguntungkan di masa sulit seperti ini. Belum lagi soal servis dan garansi, Suzuki yang paling andal dari dulu. Berani sekali dan jadi pelopor di antara kompetitor lainnya. Jadi jika konsumen membeli Spin, tidak usah pusing memikirkan servisnya.  Apalagi teknologi mesin Step masih sebelas dua belas dengan Shogun 125 series/Arashi seperti layaknya Mio dengan Vega series/Jupiter series. Tidak menggunakanradiator. Simpel.

Trik Tambah Tenaga Motor

Gambar
Busi (Bagja-detikOto)

PESAWARAN– Bagi yang merasa tenaga motornya biasa saja, ingin menambah tenaga? Tetapi malas melakukan perubahan karena motor memang digunakan untuk kegiatan sehari-hari, bisa mencoba cara ini.

Menurut SAYA, banyak cara dilakukan untuk meningkatkan akselarasi tunggangan tanpa perlu mengubah mesin secara ekstrim.

“Biangnya motor 4 tak kan pengapian, dan pengapian dihasilkan dari kelistrikan, nah bagian itu yang kita oprek,

Gimana caranya? Cukup dengan memotong kabel busi, sehingga menjadi lebih pendek. Wah, enggak bahaya tuh?

“Saya sudah sering mencoba pada beberapa motor yang datang ke sini, aman,” promonya.

Asalkan, pesan dari saya, jangan sampai kependekan, karena tentunya nanti malah tidak bisa terpasang.

“Bagian yang dipotong adalah ujung kabel yang menuju kepala busi atawa cop busi,” tutur Hendi.

Tidak perlu banyak-banyak, cukup 1 sampai 2 cm saja, sehingga ketika dipasangkan kembali tidak kependekan.

Cara ini dilakukan, karena dengan memotong kabel busi, sehingga menjadi lebih pendek. “Otomatis, arus listrik menjadi lebih cepat karena jalurnya lebih pendek,” analisis saya.

Selain itu, meskipun belum diuji, diprediksi cara ini juga bisa membuat BBM jadi sedikit lebih irit.

contoh TRIK BARU CARA PENYETELAN MOTOR

CONTOH GAMBAR MODIF MOTOR HONDA DAN MOTOR METIC:

mungkin anda sudah melihat motor ini, inilah hasil modifikasi dari saya dan rekan – rekan .

modif terbaru

Teknik Menyetel Karburator Motor

Teknik Menyetel langsam

Banyak pemakai motor suka mengotak-atik stelan langsam motornya, dengan alasan langsamnya kegedean, akhirnya dikecilin sampai sekecil mungkin. Eit… hati-hati… cara begitu tidak dianjurkan oleh pihak pabrikan, Tanya Ken-apa?

Karena mesin butuh pelumasan yang bagus, nah… pelumasan ini bekerja dengan baik berdasarkan tekanan dari putaran pompa oli dari mesin bagian bawah ke mesin bagian atas, kalo pada saat langsam RPM mesin dibawah ketentuan pabrikan, maka akan berdampak tidak baik pada motor ente! karena system pelumasan kurang sempurna ujung-ujungnya usia mesin jadi ngga seperti seharusnya…. Begitu bro…
Nah disini saya akan bahas sedikit mengenai cara menyetel langsam motor yang bener.
Pertama, kita harus tahu berapa ukuran RPM standart tipe motor yang akan di stel, misalnya tipe Tiger Revolution.
Besarnya putaran mesin langsam tipe motor ini adalah  1300 – 1500RPM
Nih caranya:

  1. Putar penyetel langsam yang ada dikarburator pada sebelah kiri motor hingga putaran mesin menengah atau kira-kira 2000-2500RPMslide1.jpg
  2. Langkah berikutnya menyetel skrup udara yang ada di bagian bawah pada karburator dengan menggunakan alat Obeng (-) kecil
    stel_angin.jpg
  3. Besarnya stelan angin untuk tipe motor Tiger ini adalah kurang lebih antara 2 – 2,5 putaran. (putar kekanan mentok dan kembalikan kekiri hingga 2 – 2,5 putaran (sampe ketemu putaran mesin yang paling stabil).
  4. Kemudian kecilkan RPM dengan memutar baut penyetel langsam kekiri hingga ditemukan 1200 – 1300RPM, dengan melihat jarum penunjuk pada Tachometer. seperti pada gbr dibawah ini…

slide2.jpg
Kendala yang dihadapi saat menyetel langsam :

  1. Mesin tersendat-sendat (tidak bisa stabil)
    1. Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
    2. Ukuran Main jet dan slow jet tidak berubah ( sesuai dengan standar ) apabila tidak sesuai, maka bisa susah langsam, karena campuran BB tidak tepat
    3. Periksa apakah ada kebocoran udara pada karburator dan intake manifold
  2. Putaran mesin turun terlalu lama (nge-gerung)
    1. Periksa kemungkinan baut karburator masih kendor, sehingga ada kebocoran udara
    2. Periksa kedudukan jarum skep & skep sudah tepat dan tidak macet/seret pada saat balik
    3. Periksa per skep mungkin sudah lemah
    4. Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
    5. Periksa, kemungkinan BB bercampur dengan air
  3. Knalpot nembak-nembak setelah gas ditarik
    1. Periksa lubang main jet dan slow jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
    2. Periksa tidak ada kerusakan pada seal(karet) pada stelan angin, dengan membuka dan melepas skrup stelan angin dari karburator.
    3. Periksa dan pastikan bahwa skrup stelan angin tidak cacat (ujung yang lancip pada stelan angin tidak patah)

Demikian, silahkan coba prosedur diatas, apabila mengalami kesulitan silahkan layangkan komentar ke kami, dan apabila ada yang ingin menambahkan silahkan tuliskan untuk kami.
Ini buat anda yg masih bingung, kami buatkan gambar sederhananya.

Teknik Menyetel langsam

Banyak pemakai motor suka mengotak-atik stelan langsam motornya, dengan alasan langsamnya kegedean, akhirnya dikecilin sampai sekecil mungkin. Eit… hati-hati… cara begitu tidak dianjurkan oleh pihak pabrikan, Tanya Ken-apa?

Karena mesin butuh pelumasan yang bagus, nah… pelumasan ini bekerja dengan baik berdasarkan tekanan dari putaran pompa oli dari mesin bagian bawah ke mesin bagian atas, kalo pada saat langsam RPM mesin dibawah ketentuan pabrikan, maka akan berdampak tidak baik pada motor ente! karena system pelumasan kurang sempurna ujung-ujungnya usia mesin jadi ngga seperti seharusnya…. Begitu bro…

Nah disini saya akan bahas sedikit mengenai cara menyetel langsam motor yang bener.

Pertama, kita harus tahu berapa ukuran RPM standart tipe motor yang akan di stel, misalnya tipe Tiger Revolution.

Besarnya putaran mesin langsam tipe motor ini adalah 1300 – 1500RPM

Nih caranya:

Putar penyetel langsam yang ada dikarburator pada sebelah kiri motor hingga putaran mesin menengah atau kira-kira 2000-2500RPM

Langkah berikutnya menyetel skrup udara yang ada di bagian bawah pada karburator dengan menggunakan alat Obeng (-) kecil

Besarnya stelan angin untuk tipe motor Tiger ini adalah kurang lebih antara 2 – 2,5 putaran. (putar kekanan mentok dan kembalikan kekiri hingga 2 – 2,5 putaran (sampe ketemu putaran mesin yang paling stabil).

CARA PNYETELAN KLEP PENGAPIAN

Waktu pengapian harus distel dengan tepat.Dalam artian tidak terlalu cepat atau tidak pula terlalu lambat.Dengan setelan waktu pengapian yang tepat,dapat menghasilkan performa mesin yang prima agar mesin dapat bekerja efisien terutama pada mobil bermesin bensin.waktu pengapian harus distel dengan tepat,jangan telalu cepat dan jangan pula terlalu lambat,sehingga efisiensi mesin tetap terjaga.penyetalan waktu pengapian dapat dilakukan dengan sebuah alat yang bernama timming light.
Adapun langkah-langkahnya yang dapat dilakukan yaitu :

1.Hidupkan mesin hingga jarum penunjuk,panas melebihi pertengahan lalu dimatikan.

2.Gunakan timming light dengan cara menghubungkan kabel-kabel timming light kesemua terminal (ke kepala aki tanda + dan tanda – ,busi silinder nomor 1,dan arus pada koil)

3.Sorot lampu stroboscope dari timming light ke tanda waktu (20-10-0) pada tutup roda gigi guna melihat apakah alur V dengan tanda (sudut) saat pengapian.

4.Apabila mesin motor kotor,tanda waktu tersebut sering tidak terlihat,untuk itu sebelumnya matikan mesin dan bersihkan bagian yang terdapat tanda waktu sampai bersih.

5.Apabila alur pada puli poros engkol tidak pertepatan dengan tanda waktu saat pengapiaan seperti spesifikasi,kendorkan baut klem distributor sehingga rumah distributor dapat diputar ke kiri dan ke kanan.

6.Pada waktu saat pengapian disorot dengan timming light putarlah rumah distributor dikit demi sedikit akan meluruskan alur “ V” pada puli poros engkol dengan tanda waktu pengapian yang sesuai spesifikasi motor anda.pada tahap ini,jangan menyetel pengapian dengan alat pemutar oktan (oktan selector).

Kencangkan kembali baut klem distributor dan cek kembali saat kembali.

Tips menyetel kopling di Supra X 125

Image

Sediakan peralatan sbb:

Image

  1. Obeng (-) sedang
  2. Kunci Ring 14-17

Langkah penyetelan :

1. Kendorkan Mur pengunci baut stelan kopling dengan kunci ring 14 ke arah kiri hingga kendor.
Image

2. Putar baut penyetel kearah kanan (searah jarum jam) hingga terasa ada sentuhan, lalu putar kembali kearah kiri hingga mentok (terasa ada sentuhan) dan berhenti.
Image

3. Putar kembali baut penyetel kearah kanan sebanyak 1/4 – 1/8 putaran.
Image

4. Kencangkan Mur pengunci kearah kanan hingga baut penyetel terkunci.
Image

Periksa hasil penyetelan dengan cara

  • Hidupkan mesin,
  • Masukkan persnelling pada gigi 1 dan tahan pedal persnelling
  • Putar gas hingga seperempat putaran atau kurang lebih 1000-2000RPM
  • Perhatikan roda belakang, apabila diam atau bebas, artinya penyetelan berhasil, apabila terus berputar, berarti penyetelan belum tepat, maka harus diulang langkah diatas.

Tips menyetel klep Supra X 125

Ada kalanya Anda mecoba sendiri melakukan penyetelan klep pada motor Anda, tapi perlu diingat, bahwa setelan klep yang benar atau salah akan mempengaruhi terhadap performa mesin Sepeda Motor.

Berikut ini saya tulis secara ringkas cara cara yang tepat menyetel klep pada Sepeda Motor Honda.
1. Persiapkan alat-alat antara lain;

1) Obeng (-) besar
2) Kunci T 17 (untuk motor Supra X 125/Kharisma)
3) Ring 8-9 (untuk motor tipe bebek)
4) Ring 24 (untuk motor tipe bebek)
5) Fuller gauge 1set
6) Valve Adjusting wrech (kunci klep)

2. Buka kedua tutup klep (In dan Ex) dengan menggunakan kunci Ring 17(tipe bebek).

3. Awalnya posisikan agar kondisi valve bebas atau posisi piston pada Titik Mati Atas (TMA), dengan cara buka tutup magnet pada blok mesin kiri dengan menggunakan Obeng (-) besar (ada 2 buah ), pergunakan kunci Ring 17 untuk memutar poros engkol berlawanan dengan jarum jam.

4. Sambil memutar poros engkol, perhatikan pada saat valve In bergerak, lihat pada lubang kecil di blok magnet, posisikan tanda T pada garis lurus di lubang kecil blok magnet.

5. Kemudian pegang dan gerak-gerakkan kedua klep untuk memastikan keduanya sudah dalam posisi bebas.

6. Jika langkah diatas sudah benar, maka lakukan penyetelan valve dengan ukuran untuk tiap-tiap motor sbb;

Tipe Bebek (Supra X 125, Kharisma, Kirana) ukuran celah klep = 0,03mm (±0,01mm)
Cara penyetelannya adalah, kendorkan mur pengikat tappet adjuster (baut stelan klep) dengan menggunakan Ring 8-9 / 10-11

7. Lalu letakkan Fuller gauge sesuai ukuran celah klep kedalam ujung batang klep, putar tappet adjuster(baut stelan klep) sampai terasa apabila fuller gauge di tarik terasa seret dan apabila didorong tidak bisa.

8. Kemudian keraskan lagi mur stelan klep dan cek ulang hasil stelan klep tadi, sampai hasilnya tepat, (bila fuller gauge terasa ditarik seret dan di dorong tidak bisa)

9. Tutup kembali semua komponen yang tadi dibuka kemudian rasakan hasilnya. MANTAP!

TIPS BIKIN BLOK MOTOR MENJADI KINCLONG

Blok mesin motor kesayangan kita, kalo udah lama keliatan kusam, kotor bahkan keliatan bekas belepotan oli. Cara ngebersihinnya gampang kok ……… sambil tengok kiri-kanan (takut
ketahuan sama tukang salon motor).

Beli aja “ OXAL ZUUR ” di toko material.

1. Campur oxal zuur pake air sedikit.
2. Kemudian oleskan pake kuas ke bidang yang kotor.
3. Hati-2 jangan sampai terkena cat ataupun luka di badan.
4. Biarkan ± 30 menit.
5. Netralkan pengaruh kimianya dengan campuran sabun + minyak tanah (pake kuas juga).
6. Kemudian cuci dengan air sabun dan bilas sampai bersih.
7. Untuk amannya, hindarkan dari parts kelistrikan.

Manfaat lain dari oxal zuur ini, bisa dipakai mbersihin stainless steel
(bak cucian piring) maupun membersihkan keramik.

“OXAL ZUUR”… (warnanya bening seperti air aki)

keuntungannya :
1. proses pertama kali cairan menyentuh mesin adalah berbusa (proses kimia) dan hasil akhirnya..warna mesin menjadi putih bersih (cairan tersebut bisa mengangkat kotoran mengendap)

2. kalo kita coba pada segitiga food step, warna stenlis menjadi putih buram (tidak mengkilap)…ngakalinnya, dilanjutkan dengan digosok pake BRASSO…bisa mengkilat

3. bisa membersihkan baut2…warna kembali putih bersih (seperti baut baru)

kerugiannya:
1. kalo cairan tsb kena tutup mesin / tutup ger kiri kanan, warna akan luntur (karena melunturkan cat)
2. bisa menghancurkan packing /karet (karet menjadi rentas)
3. untuk baut…mudah berkarat

diusahakan pemakaian sekali dalam 6 bulan,…jangan sampe kena tangan karena menyebabkan gatal

Kalo oxal zuur itu asam, berarti harus ati2, karena logam kalo kena asam bakal rontok juga. kalo liat caranya harus dibilas pake sabun ,itu mungkin supaya bikin netral kali ye asamnye (PH nye jadi 7 gitu) setelah process.
Asam pasti bikin kabur semua kotoran, wong logam aja bisa rontok kok.
Ini sebagai suggestion aja brosolusi alternatif

pake batu ijo (rendem di minyak tanah) kayaknya lebih aman, atau beli engine degreaser seharga 30 – 40 ribu di Makro

Udah sering denger memang pake batu ijo. Yang sulit, nyari batu ijo-nya itu dimana Bro? Gw nyari di seputeran Bekasi kagak ada yang ngerti.”Batu ijo”? Apaan tuh?” Begitu bro! Gw udah nyoba nyari di toko material, di toko bahan kimia, kagak ada juga bro. Ada yang tau dimana kita bisa dapetin ntu butuh

kalo mau beli di toko material di jakarta banyak, tapi masih berbentuk balok jadi belum diserut(bubuk) tapi jangan bilang batu ijo…….entar disangka batu apaan lagi….he…he,
bilang aja LANGSOL sekale lagee LANGSOL, satu batang segede batu bata bisa buat beberapa motor tuh
nah di tukang bikin knalpot juga biasanya sedia nich LANGSOL buat bikin mengkilap sambungan2 las stainless steel-nya digosok pakai alat gosok listrik
Langsol harganya 15ribuan per biji. Ukurannya persis seperti sabun wings batangan, bentuk dan warnanya juga

  • Kalender

    • Desember 2016
      S S R K J S M
      « Des    
       1234
      567891011
      12131415161718
      19202122232425
      262728293031  
  • Cari